Senin, 04 Mei 2009

Hacker … Cracker…???


Sampai saat ini definisi dari Hacker dan Cracker masih rancu dalam pemahaman kita. Banyak yang memahami hacker dan cracker itu sama. Jika dilihat dari cara kerjanya mungkin bisa dibilang sama tapi yang membedakan dari dua terminologi tersebut adalah tujuannya.

Misal seperti yang ditulis Mitra Yantoni dalam artikelnya “Definisi Hacker dan Cracker”, Hacker bertujuan untuk hal-hal kebaikan sedangkan Cracker bertujuan untuk hal-hal yang jelek atau jahat. Jadi kita tidak bisa membedakan kedua hal itu sebelum mengetahui tujuannya.

Crack adalah bidang ilmu yang berhubungan dengan hitungan matematika, seperti menemukan kelemahan enkripsi, password, serial number, dan lain-lain. Sedangkan Hack adalah bidang ilmu yang berhubungan dengan kelemahan sistem, prosedur dan sesuatu yang tidak lazim. Contohnya Sistem Operasi dan Software yang bisa dimanipulasi sehingga menjalankan apa yang seharusnya tidak bisa dijalankan.

Jadi kesimpulannya Cracker dituntut untuk menguasai ilmu perhitungan atau matematika yang kuat sedangkan hacker adalah orang yang dituntut untuk kreatif.

Mau tahu 5 Black Hat Hacker ??? lanjut >>>

Inilah 5 Balck Hat Hacker (Sumber: kaskus.us) sebagai tambahan informasi buat para sobat CC (baca- Creative Community)

1. Jonathan James

James adalah orang Amerika yang sudah pernah merasakan penjara sejak usia 16 tahun bukan karena nyuri ayam atau main petasan…Loh maksudnya?? hehehe…maksudnya Si James ini di penjara karena membobol Situs Departemen Pertahanan Amerika. wOw!!….Mau tahu alasannya?? Kata Si James ini sebuah tantangan dan kesenangan tersendiri bagi dia.

Selain itu NASA pernah merasakan ulah dari Si James ini. Software NASA yang diperkirakan seharga US$1,7 juta sempat dicuri sama dia. weleh…weleh…..

Akibat kelakuannya tersebut James pernah tidak boleh memegang kompuer selama 10 tahun…wEw!!

Tapi sekarang James sudah punya sebuah perusahaan keamanan di bidang komputer. ehm.. sudah taubat kali…

2. Adrian Lamo

Untuk orang ini tidak kalah hebatnya dengan yang tadi. Prestasi Adrian sudah pernah membobol New York Times untuk mendapatkan info personal dan security number. Selain itu Adrian juga pernah didenda US$ 65.000 karena membobol Microsoft. Keren brow….

Saat ini Adrian Lamo sering jadi Pembicara di beberapa Seminar. Bravo brow…!!


3. Kevin Mitnick

Inilah salah satu legenda hidup hacker. Ini prestasi yang sudah dia lakukan:

- Menggunakan Los Angeles bus transfer system untuk sekedar mendapatkan tumpangan gratis

- FBI juga pernah dikelabui oleh si Mitnick

- Hacking ke dalam DEC System (Digital Equipment Coorporation)

- Pernah dapat administrator position dalam satu komputer IBM agar menang judi karena adminnya yang punya laptop IBM tersebut.

- Hacking Motorolla, NEC, Nokia, Sun Microsystems dan Fujitsu Siemens serta prestasi luar biasa lainnya…4 thumbs up dah buat si Om ini….:-D

Om mitnick pernah ketangkep dan kelacak oleh FBI itupun karena jasa seorang hacker juga, yaitu Tsutomu Shimomura yang pada saat itu kompi Om Mitnick di hack sistemnya sehingga gak bisa kebayang perang luar biasa yang terjadi saat itu.

Tapi saat ini Beliau sudah taubat dan jadi penulis buku, konsultan security dan pembicara.

4. Kevin Poulsen

Kemahiran dari Dark Dante satu ini adalah hack melalui phone lines. Si Poulsen pernah ngehack seluruh Lines Phone Station selain itu Database FBi juga pernah dibobol sama dia.

Saat ini dia jadi Senior Editor di Wired News dan berhasil mengungkap 744 penawaran sex melalui profiles Myspace…..Keep ur fight brow..!!

5. Robert Tappan Morris

Mau tahu siapa orang pertama yang membuat Worm? Ini dia orangnya. Worm yang diberi nama Morris Worm.

Dengan wormnya Morris sudah mengakibatkan sekitar 6000 kompi menjadi down. Gara-gara itu dia pernah dihukum penjara rumah selama 3 tahun dan didenda US$ 10.500.

Tapi saat ini sudah menjadi Professor di sebuah MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory. Hebat euy!!

Dan untuk yang ini bisa dikatakan sebagai hacker legendaris:

6. Karl Koch

Hacker yang berasal dari Jerman ini melakukan beberapa keberhasilan dalam ngehack dalam kurun waktu 1985-1988. Dia juga menamakan komputernya FUCKUP (First Universal Cybernetic-Kinetic Ultra-Micro Programmer). Selain hacker Karl juga cocaine addict.

Salah satu prestasi besarnya, dia pernah ngehack beberapa sistem militer Amerika Serikat dan ngehack sebuah pusat tenaga nuklir AS pada jaman Perang Dingin. Hasil hacknya dia jual ke KGB (Agen Rahasia Uni Soviet)

Sang Legendaris ini ditemukan tewas pada tahun 1988, menurut info dia tewas akibat membakar tubuhnya sendiri. Akan tetapi bisa saja hal ini terjadi karena konspirasi tingkat tinggi AS dan Uni Soviet.

Itulah sekelumit tentang aksi para hacker. Ada yang mau nyusul???

0 komentar:

Posting Komentar